Rabu, 07 April 2010

Dewi Athena

Nama Athena mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita ya??? Ya Athena adalah salah satu dewi yang ada dalam mitologi Yunani. Athena adalah seorang Dewi yang melambangkan kebijaksanaan, strategi, dan perang. Nama Athena juga dijadikan sebagai nama ibukota Yunani. Athena juga sering disebut sebagai asal dari peradaban barat karena berbagai pencapaian kebudayaannya pada abad ke-4 dan ke-5 dan membuatnya kaya akan berbagai bangunan, monumen, dan karya seni kuno. Salah satu yang paling terkenal adalah Akropolis yang menjadi salah satu bukti seni Yunani klasik. Akropolis berarti terbentengi atau benteng pada kota kuno Yunani atau bisa juga berarti bangunan yang berada di tempat ketinggian, seperti di puncak bukit atau Kota tertinggi. Akropolis di Athena ini dikenal dengan akropolis terbaik di dunia. Walaupun ada banyak akropolis di Yunani tetapi yang di Athena tanpa syarat apapun memenuhi klasifikasi terbaik. Areal 3 hektar ini berada di ketinggian 150 meter di atas bukit. Berada beberapa kilometer dari Pusat kota Athena,Yunani. Bukit yang tinggi ini tidak cukup memenuhi syarat sebagai benteng walaupun berada di ketinggian itu. Sebagai benteng dia di kelilingi oleh tembok besar sepanjang 760 meter dengan ketinggian tembok 10 meter sedang ketebalan tembok antara3,5 sampai 6 meter. Tembok ini berperan sebagai benteng utama sampai abad ke lima. Sebuah olimpiade juga menorehkan nama Athena, yaitu olimpiade Athena yang merupakan ajang olahraga terbesar yang diikuti oleh beberapa negara termasuk Indonesia.

Kembali pada pembahaan Dewi Athena. Athena juga dikenal sebagai dewi yang mengajari para pahlawan. Athena adalah seorang dewi perang bersenjata dan tak pernah digambarkan sebagai anak kecil, selalu sebagai seorang dara (perawan), ia tidak memiliki suami atau kekasih.

Menurut legenda, Athena adalah putri kesayangan Zeus, dewa terkuat. Ibunya adalah dewi Metis, yang merupakan dewi pemikiran dan kepandaian, dan terkenal sebagai dewi kebijaksanaan. Athena diberkahi kekuatan oleh ayahnya, kepandaian dan kebijaksanaan oleh ibunya

Menurut ramalan, apabila Zeus memiliki anak dengan Metis maka anak tersebut akan lebih kuat dan pandai dari Zeus sehingga mampu untuk menggulingkan Zeus dari tahta. Pada saat Metis mengandung Athena, Zeus menelan Metis untuk mencegah kelahiran anaknya. Hal ini menyebabkan Zeus menderita sakit kepala hebat dan memerintahkan Hermes untuk membelah kepala Zeus dengan menggunakan kapak perunggu (buatan Hephaestus)untuk menghilangkan rasa sakitnya. lalu lahirlah Athena melalui kepala/dahi Zeus dalam keadaan berbaju perang lengkap dengan pelinding kepala. Disebutkan pula penyebab sakit kepala Zeus karena Metis membuatkan baju perang dan pelindung kepala untuk anaknya didalam tubuh Zeus, dan proses pembuatan inilah yang menyebabkan Zeus menderita sakit kepala.

Kita boleh saja percaya ataupun tidak, tergantung pada pendapat kita masing-masing tapi kembali lagi pada hakikat awalnya bahwa cerita tersebut hanya sebuah mitologi atau mitos yang merupakan sesuatu yang kita percayai dan telah diangap sebagai sebuah kebenaran sejak dahulu tapi sebenarnya tidak benar. Tapi dari cerita tersebut kita dapat mengambil hikmahnya. Cerita tersebut menggambarkan kekuasaan yang membutakan, seorang ayah yang mampu mengorbankan anaknya sendiri demi mempertahankan tahta yang ada pada dirinya. Pelajaran yang didapat, bahwa benar adanya jika pria takluk pada 3 hal harta, tahta dan wanita...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar