Senin, 10 Juni 2013

Cara Mendidik Anak


Inilah gw, kalo lagi rajin yaaaa rajin banget tapi kalo lagi males yaaaa males banget. Sekarang gw lagi rajin banget nulis nih hahahaa...

Gw pengen cerita tentang cita-cita gw yang terpendam sekaligus belom kesampean. Yaitu tentang mendidik anak. Gw tuh bercita-cita punya anak yang pinter. Pinter dan bermoral tentunya.

Soalnya dalam angan-angan gw,gw berharap anak gw kelak bisa membawa gw terbang ke Paris dengan kepintaran hasil didikan gw hahaa.. ngayal abizzz...

Menurut gw, cara mendidik yang benar itu seperti ini :

1.  Ketika anak dalam kandungan, seorang ibu hendaknya jangan malas2an, bukan berarti juga harus kerja berat. Yang dimaksud gw disini adalah, seorang ibu hamil seharusnya harus sering-sering belajar. Gw bahkan pernah denger cerita tentang bangsa Yahudi dengan paham Zionisme yang ingin menguasai dunia, mereka terkenal dengan kecerdasan dan kelicikannya. Mereka benar2 melatih anaknya sejak dalam kandungan. Ibu2 mengandung  sering bernyanyi dan bermain piano dan juga membeli buku matematika. Mereka menanamkan kepada anak bahkan pada saat dia masih dalam kandungan. Yang baik-baik boleh dong dicontoh tapi supaya terlihat identitas kita sebagai muslim harusnya kita melengkapi  juga dengan memanjatkan doa kepada ALLAH SWT dan membaca Al-Qur’an juga.

2. Masih ketika dalam kandungan. Yang harus diperhatikan oleh ibu mengandung adalah pola makan dan jenis makanan yang dimakan. Hendaknya seorang ibu hamil memakan makanan2 yang bergizi, karena apa yang dimakan oleh ibu juga dimakan oleh sang anak. Harus makan makanan yang bergizi, minum susu, makan kurma, banyak2 makan ikan untuk kecerdasan otak. Waaaah PR banget yang buat yang gak suka ikan (termasuk gw). Dan masih banyak makanan bergizi lainnya.

3.  Ketika baru lahir sampai umur 2 tahun hendaknya ibu memberikan ASI kepada buah hati tercinta.

4.  Berikan kelembutan dan kasih sayang yang utuh terhadap anak. Berikan pengertian2 (jangan dimarahi) terhadap sesuatu yang dianggap tidak baik dengan menggunakan bahasa yang sederhana yang mudah dicerna oleh anak2.

5. Jangan sekali2 membentak anak, karena akan memberikan efek traumatis. Anak menjadi kurang percaya diri dan merasa takut salah. Berikan kelembutan yang hangat.

6.  Bacakan dongeng pada saat anak mau tidur. Karna di saat itulah anak mempunyai banyak imajinasi. Bacakan saja sampai mereka tertidur :D

7. Jangan terlalu dikekang namun jangan terlalu dibebaskan juga.

8. Berikan dia skill dengan memberikan kursus2 yang bermanfaat untuk masa depannya. Sekali2 juga temani (antar) dia ketika mengikuti kursus tersebut.

9.  Berikan dia perhatian yang cukup. 

10. Jalin kedekatan yang erat dengan anak.

11. Selalu ajak anak ke toko buku rutin minimal sebulan sekali, agar menumbuhkan minat baca pada anak.

12. Selalu doakan anak kita menjadi anak2 yang cerdas, sholeh/sholehah dan membanggakan.

Sekian dulu tips-tips mendidik anak menurut saya. Ini sebenarnya ilmu sok tau saya. Menurut naluri saya. Walaupun belum pernah punya anak. Tapi jiwa keibuan tertanam dalam hati. Hahhaa walaupun kelakuan masih kayak ABG labil, saya belajar untuk dewasa. Next time sambung lagi yah hehehe...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar